Senin, 13 November 2017

Pemetaan SDL Kuliah 4 Peta dasar dan Konstruksinya




PETA DASAR DAN KONSTRUKSINYA

5.1.Peta Topografi
5.1.1.Fungsi
Peta topografi menyajikan ciri-ciri budaya dan fisik tanah, biasanya dalam berbagai warna, dan memberi lokasi geografis yang tepat dalam hal garis lintang, bujur dan ketinggian di atas permukaan laut. Fitur pada peta topografi dapat dikelompokkan menjadi empat divisi utama: air, relief, budaya dan vegetasi.
5.1.2.Skala
Secara umum skala yang digunakan pada peta topografi dapat dilihat dalam tiga kategori utama yaitu:
i) fraksi yang representatif, yang merupakan proporsi jarak peta terhadap jarak sebenarnya yang dinyatakan sebagai rasio matematis, misalnya 1: 250.000;
ii) pernyataan skala, yang merupakan pernyataan tertulis jarak peta dalam kaitannya dengan jarak sebenarnya, misalnya 1 sentimeter = 10 kilometer;
iii) skala bar, yang terdiri dari satu atau lebih garis lurus lulusan yang terbagi menjadi satuan jarak jauh.
Namun pada umumnya peta ini diproduksi dengan pemilihan salah satu dari lima skala sebagai berikut:
1: 25.000
-
4 sentimeter sampai 1 kilometer atau sekitar 2 1/2 inci sampai mil;
1: 50.000
-
2 sentimeter sampai 1 kilometer atau kira-kira 1 1/4 inci sampai mil;
1: 125,000
-
1 sentimeter sampai 1 1/4 kilometer atau kira-kira 1/2 inci sampai mil;
1: 250.000
-
1 sentimeter sampai 2 1/2 kilometer atau kira-kira 1/4 inci sampai mil;
1: 1.000.000
-
1 sentimeter sampai 10 kilometer atau kira-kira 1/16 inci sampai mil.
5.1.3.Sistem Koordinat Geografis
Merupakan salah satu system pembagian bumi berdasarkan zona garis lintang dan bujur. Biasanya pembagian dalam system ini dengan didasarkan pada proyeksi datum UTM. Yang mana setiap Negara dibagi berdasarkan zona dan jarak antara zona adalah 6 °. Contoh pengunaan zona ini yaitu kanada sehingga berdasarkan proyeksi ini kanada dibagi antara 16 zona yang berbeda.

Gambar 5.1 Zona UTM untuk Kanada
5.1.4.Produksi
Tahap – tahap dalam produksi peta kartografi adalah sebagai berikut :
5.1.4.1.Foto Udara Pada daerah yang akan dipetakan
Jika instrument yang digunakan adalah fotoudara maka, pesawat yang akan digunakan untuk foto udara dilengkapi dengan kamera survei udara khusus, terbang dengan kecepatan tertentu dan ketinggian 5.000 sampai 10.000 meter, mengambil serangkaian foto medan secara paralel dengan torsi 20-40% di sampingnya dan 60% ke arah penerbangan. Dengan demikian setiap bagian lahan muncul setidaknya dua kali dalam rangkaian foto, sebuah kebutuhan untuk menghasilkan model visual tiga dimensi (gambar) dari mana informasi peta diperoleh. Fotografi udara diulang secara teratur untuk memberikan informasi terkini untuk revisi pemetaan topografi.

Gambar 5.2 Pengambilan Foto Udara secara Tumpang tindih
5.1.4.2.Memberikan foto udara Lokasi Geografis
Foto udara hanya menyediakan representasi dua dimensi visual dari medan. Ini tidak menunjukkan ketinggian pegunungan, kedalaman lembah, dll. Berikut ini adalah prosedur yang diperlukan untuk menentukan lokasi geografis yang tepat dari setiap foto sehingga fitur foto dapat ditransfer secara akurat ke peta:
i) setiap foto diberikan kotak untuk memungkinkan keterkaitan dengan foto-foto yang berdekatan;
ii) survei lapangan menetapkan titik kontrol utama dengan mengukur lintang, bujur dan tinggi tepat di atas permukaan laut.
Titik kontrol utama yang ditetapkan oleh surveyor di lapangan mencakup dua jenis berikut:
i) titik kontrol vertikal, atau tanda bangku, yang memberikan ketinggian tepat di atas permukaan laut;
ii) titik kontrol horisontal yang memberikan koordinat lintang dan bujur yang tepat.
Titik kontrol utama ditandai dengan salib putih dan difoto oleh pesawat yang terbang langsung di atas di ketinggian yang telah ditentukan. Operasi ini menghubungkan beberapa foto udara ke lokasi yang tepat, titik kontrol utama. Kira-kira satu dari sepuluh foto udara diposisikan dengan metode ini.

Gambar 5.3 Fotogrametri: pembuat peta melihat dua foto yang saling tumpang tindih secara stereoskopis untuk menghasilkan model tiga dimensi.
Poin kontrol ini, yang diidentifikasi oleh surveyor di lapangan, dapat mencakup dua jenis berikut:
i) titik dasi, digunakan untuk menggabungkan secara matematis foto-foto yang berdekatan;
ii) titik lulus, yang hanya digunakan dalam aerotriangulasi untuk membantu penyesuaian matematis pengukuran untuk keseluruhan area.
Pengukuran garis lintang, bujur, dan tinggi di atas permukaan laut untuk titik kontrol sekunder ditentukan dengan aerotriangulasi. Dalam sistem ini grid foto udara digunakan untuk menyediakan koordinat grid untuk titik kontrol sekunder yang terjadi pada foto. Dengan bantuan komputer dan mengkoordinasikan geometri, grid individu setiap foto udara digabungkan menjadi satu grid umum untuk keseluruhan area yang akan dipetakan. Lintang, bujur dan elevasi untuk titik kontrol sekunder kemudian dihitung, berdasarkan posisi mereka relatif terhadap satu sama lain dan titik kontrol primer yang disurvei dengan tepat.
5.1.4.3.Merencanakan Peta.
Fotografi adalah proses dimana informasi dipindahkan dari manuskrep foto udara ke Peta pada bidang datar. Secara umum prosesnya meliputi beberapa proses sebagai berikut :
i) Kompilator fotogrametri pertama kali menghasilkan model visual tiga dimensi dengan melihat dua foto udara yang saling tumpang tindih dari area yang sama yang diambil dari stasiun kamera yang berbeda dalam mesin perencanaan stereoskopik (Gambar 5.3). Model diposisikan dan diperluas atau dikontrak agar sesuai dengan skala yang dibutuhkan sesuai dengan titik kontrol sekunder, yaitu dua foto udara dalam stereoskop dilatarbelakangi untuk memperbaiki perpindahan horizontal atau vertikal karena kemiringan atau judul pesawat terbang;
ii) Naskah diproduksi dengan menelusuri fitur yang diperlukan pada selembar plastik tembus pandang. Peralatan fotogrametri memiliki tanda mengambang kecil di penampilnya sehingga kompilator bergerak sepanjang model untuk melacak fitur apa pun. Stylus gambar pada tabel perancangan penghubung mengikuti pergerakan tanda mengambang dan sketsa garis-garis halus di manuskrip. Untuk garis kontur, kompiler menentukan pembacaan tinggi vertikal pada elevasi yang dipilih. Tanda itu kemudian dipindahkan melalui model tiga dimensi visual sehingga selalu tampak bersentuhan dengan tanah pada tingkat itu, sehingga merencanakan jalur dengan ketinggian yang sama, garis kontur. Informasi manuskrip awal menunjukkan ciri budaya, air, vegetasi dan kontur. Informasi tentang manuskrip tersebut diverifikasi dengan ground checking. Nama tambahan, simbol yang sesuai, dll., Sekarang ditambahkan. Naskah tersebut kemudian diedit dan diperiksa sebelum proses kartografi dimulai.
5.1.4.4.Proses Kartografi
Secara umum tahapan dalam pembuatan peta dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar 5.4 Proses Kartografi
Setiap warna yang digunakan dalam proses kartografi mempunyai pengintifikasi terhadap satu objek yang berbeda di permukaan bumi. Contohnya warna hijau biasanya digunakan untuk objek vegetasi.
5.1.4.5.Pelat Cetak
Pelat warna untuk masing-masing warna cetak dihasilkan dengan memaparkan gambar ke pelat cetak sensitif ringan. Hal ini dicapai dengan menyinari cahaya busur melalui negatif komposit untuk warna tertentu dalam kontrak dengan pelat. Daerah pernis pada pelat cetak yang menunjukkan gambar peta menahan tinta dan mengusir air; area non-gambar menahan air dan mengusir tinta. Pelat itu lentur sehingga bisa dibentuk di sekitar silinder. Lembar kertas tunggal kemudian dilewatkan melalui media cetak dan dicetak dengan gambar warna dasar dan variasi warnanya.

Gambar 5.5 Peta batas dan margin
5.1.4.6.Kartografi Otomatis
Semua informasi yang muncul di peta dapat didigitalkan, yaitu diubah menjadi bentuk kode numerik komputer. Kemudian dapat diajukan sebagai data komputer pada pita magnetik atau pada hard disk atau floppy disk untuk dipilih oleh pembuat peta. Data digital dapat dimasukkan ke dalam mesin pemompaan otomatis untuk direproduksi sebagai peta. Informasi dapat didigitalkan secara langsung dari plotter fotogrametri, sehingga menghindari langkah-langkah menyiapkan manuskrip peta awal dan digitalisasi manual. Setelah diperiksa dan diedit, dapat dicoret secara otomatis pada penggalian film untuk produksi pelat cetak, atau informasinya dapat direproduksi oleh plotter foto-head pada film fotografi.
5.1.4.7.Produk Jadi
Selain menunjukkan ciri sebagian permukaan bumi dalam kerangka kerja tertentu (graticule or grid), peta topografi mengandung informasi marjinal dan perbatasan. Jenis dan posisi informasi ini telah distandarisasi sebagai berikut.
 i) Margin: area kertas yang mengelilingi kerangka luar peta;
ii) Garis rapi: garis (graticule or grid) yang melingkari area yang dipetakan;
iii) Perbatasan: area antara garis rapi dan kerangka luar peta;
iv) Peta wajah: area yang dipetakan dilapisi oleh garis yang rapi.
Sehingga Konstruksi peta yang jadi adalah seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.

Gambar 5.6 Informasi marjinal untuk peta topografi
5.2.Peta Laut
5.2.1.Fungsi
Peta laut sangat penting untuk navigasi yang aman dan praktik survei dan pencatatan air untuk tujuan navigasi dikenal sebagai hidrografi. Peta laut penting untuk sejumlah sektor ekonomi.

Gambar 5.7 Informasi perbatasan untuk peta topografi
5.2.2.Survei Hidrografi
Operasi untuk pengukuran data hidrografi dapat dilakukan dengan melalui beberapa mekanisme adalah sebagai berikut :
i) suara kedalaman yang ditunjukkan oleh simbol titik dengan angka di sampingnya yang menunjukkan kedalaman;
ii) garis kontur, disebut garis batimetrik dalam grafik laut yang mengikuti suara dengan kedalaman yang sama;
iii) pengkodean warna, yang mengindikasikan adanya kenaikan atau penurunan kedalaman dengan penggunaan berbagai warna pada suatu warna.
Selama berabad-abad soundings diperoleh dengan berat timah yang terikat pada garis yang diturunkan di sisi kapal. Metode ini, meski akurat, memakan waktu dan tidak memberi profil lautan secara terus menerus. Untuk survei skala besar yang terperinci di wilayah terbatas, dan untuk pemeriksaan shoal, metode terdepan masih digunakan sampai sekarang. Sebagian besar survei modern dilakukan dengan instrumen yang dikenal dengan Sonar ( So und Na vigation dan R anging), yang juga disebut pencari kedalaman akustik, sounder echo atau fathometer. Kedalaman ditentukan dengan mengukur waktu yang dibutuhkan untuk gelombang suara untuk melakukan perjalanan dari transduser yang dipasang di lambung kapal survei ke dasar laut dan kembali ke kapal. Bagian bawah laut memantulkan suara sebagai wajah gunung yang memantulkan suara di udara, menghasilkan gema. Sebenarnya echos lebih mudah didapat dari dasar laut. Karena penyerapannya yang lebih rendah, suara air akan menempuh perjalanan berkali-kali sejauh di udara. Sifat air laut juga memastikan kecepatan suara konstan konstan - sekitar 1440 meter per detik. Jarak Sonar diperoleh dengan mengukur waktu perjalanan round trip sinyal, membaginya dengan dua dan mengalikan dengan kecepatan suara di air laut. Sebuah pengukuran yang sebelumnya memakan waktu berjam-jam dengan menggunakan metode leadline sekarang dapat diperoleh dalam hitungan detik dengan menggunakan sonar. Gema modern sounders terus menerus dan secara otomatis merekam sinyal, menciptakan profil terus menerus relief bawah sepanjang jalur kapal.
5.2.3.Posisi
Untuk menetukan posisi ada terdapat banyak instrument yang umumnya digunakan. Salah satunya adalah sextant. Namun dengan perkembangan teknologi dewasa ini sextant sudah menjadi sesuatu yang tertiggal sehingga digunakan berbagai instrument modern lainnya.

Gambar 5.8 Contoh Pengunaan Sextants
1. Bunyi dan kontur kedalaman harus dipilih sehingga penggambarannya memungkinkan pelaut untuk menarik kesimpulan mengenai kepadatan survei. Suara yang sangat dalam pun harus ditunjukkan pada grafik karena area tanpa data kedalaman akan menyarankan survei yang tidak lengkap. Data kedalaman harus ditunjukkan untuk keseluruhan area dan tidak terbatas pada saluran tertentu.
2. Konfigurasi pesisir dan topografi tanah merupakan elemen penting untuk penentuan posisi dan tidak dapat dihilangkan, terlepas dari metode navigasi modern. Fitur topografi yang memperluas daratan dari daerah pesisir mungkin menjadi penting dalam kasus tengara yang sangat mencolok yang terlihat dari jarak yang sangat jauh, penggambaran ketinggian tempat saja tidak mencukupi.
Beberapa sistem penentuan posisi modern meliputi:
i) Sistem jarak pendek (di lihat daratan) - frekuensi gelombang mikro, misalnya Miniranger atau Tellurometer MRD - akurasi 10 meter, terbatas pada garis pandang;
ii) Sistem jangkauan menengah - frekuensi menengah, misalnya Hi-Fix 6 atau Argo - akurasi 20-50 meter, 100-200 kilometer dari pantai;
iii) Sistem rentang panjang - berdenyut, frekuensi rendah:
a) LORAN-C adalah sistem navigasi radio hiperbolik berdenyut, berfrekuensi rendah, dan jarak jauh. Ini menggabungkan fitur LORAN-A dan DECCA, dua sistem navigasi yang diterima di seluruh dunia.
Sistem navigasi hiperbolik beroperasi dengan prinsip bahwa perbedaan waktu kedatangan sinyal dari dua stasiun, diamati pada satu titik di area cakupan, adalah ukuran perbedaan jarak dari titik pengamatan ke masing-masing stasiun.
Stasiun LORAN-C terletak di darat dan dikelompokkan untuk membentuk "rantai"; satu stasiun diberi label Master (ditunjuk M) dan yang lainnya disebut stasiun sekunder (ditetapkan W, X, Y, atau Z). Sinyal yang ditransmisikan dari sekunder disinkronisasi dengan sinyal induk.
stasiun induk (M) dan stasiun sekunder (X) mentransmisikan pulsa tersinkronisasi pada interval waktu yang tepat. Penerima LORAN-C on-board mengukur sedikit perbedaan waktu yang diperlukan sinyal berdenyut ini untuk mencapai kapal dari pemancar ini. Perbedaan waktu (TD) diukur dalam mikrodetik, atau sepersejuta detik, dan kemudian ditampilkan sebagai pembacaan satu di penerima. Bila pada posisi "A", perbedaan waktu yang ditampilkan adalah 13.000,0 mikrodetik. Perbedaan waktu ini dapat diplot pada tabel LORAN-C pada posisi garis-garis (LOP). Dengan hanya nomor satu ini, kapal tersebut dapat ditempatkan di suatu tempat di sepanjang "garis garis 13.000".
Selanjutnya pengukuran TD diambil dari stasiun induk (M) dan sekunder lainnya (dalam kasus ini Y). Penerima LORAN-C kemudian menampilkan TD antara M dan Y. Melanjutkan dengan contoh yang sama, TD yang ditampilkan adalah 31.000,0 mikrodetik. Sekali lagi TD diplot sebagai LOP dan posisi kapal terletak di suatu tempat di sepanjang 31.000 LOP. Dimana kedua LOP's berpotongan adalah lokasi kapal yang tepat (posisi "A").
b) Sistem OMEGA, yang dikembangkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat, menyediakan seluruh dunia cuaca semua posisi kapal, pesawat terbang dan kapal selam (terendam) dengan akurasi nominal satu mil di siang hari dan dua mil di malam hari. Sekarang banyak digunakan oleh kapal non-angkatan laut. OMEGA adalah sistem global dari delapan stasiun transmisi berbasis darat, sehingga pengguna dapat menerima sinyal dari setidaknya tiga stasiun. Setiap dua sinyal dapat digunakan sebagai pasangan untuk membentuk line-of-position (LOP).

Gambar 5.9 Sebuah rantai LOREN-C khas di lepas pantai timur Kanada
iv) Sistem satelit (tumpang tindih dengan sistem jarak menengah dan panjang):
Sistem Satelit Navigasi Angkatan Laut (NAVSAT) juga dirancang untuk Angkatan Laut AS dan diluncurkan untuk penggunaan sipil pada tahun 1967. Cocok untuk segala ukuran kapal, bila dibenarkan secara ekonomi, namun penerima kapal dan peralatan terkait harganya jauh lebih mahal. dibanding sistem lain seperti LORAN dan OMEGA. Sistem NAVSAT terdiri dari satu atau lebih satelit, masing-masing dalam orbit kutub melingkar pada ketinggian sekitar 1100 km. Hanya satu satelit
yang digunakan pada waktu tertentu untuk menentukan posisi. Perubahan nyata frekuensi gelombang radio yang diterima saat jarak antara sumber radiasi (satelit) dan stasiun penerima (kapal, pesawat terbang, kapal selam, dll) meningkat atau menurun disebut dengan Shift Doppler. Dengan menggunakan fenomena ini, adalah mungkin untuk menghitung lokasi penerima di bumi sampai 10 meter jika orbit satelit diketahui, bersamaan dengan kecepatan dan arah bejana permukaan.
5.2.3.1.Pasang Surut
Suara yang diposisikan dengan tepat harus ditentukan pada bagan sebagai kedalaman di bawah tingkat referensi (bagan datum, lihat Bagian 4). Pemilihan datum grafik yang sesuai bergantung pada sejumlah faktor, termasuk pengetahuan terperinci tentang fluktuasi tingkat air di masa lalu, maka pemasangan pengukur tingkat air permanen dan sementara. Secara tradisional, pengukur tingkat air pengaman yang terapung telah dipasang di pelabuhan dan lain-lain. Alat pengukur tekanan mandiri, tersedia di lepas pantai. Selain memetakan dan aplikasi navigasi, informasi tingkat air digunakan untuk studi teknik pesisir, perencanaan sumber daya, dll.
5.2.3.2.Arus
Navigator memerlukan informasi pergerakan horisontal air (arus) disamping informasi pasang surut. Metode yang biasa untuk memperoleh data adalah dengan menunda beberapa meter arus, yang secara otomatis merekam kecepatan dan arah arus, pada kedalaman tertentu pada jalur tambatan tunggal. Garis itu berlabuh ke dasar laut dan didukung pelampung kapal selam. Dua metode yang digunakan diilustrasikan. Meteran saat ini (sisi kiri gambar) dilengkapi dengan perangkat pelepas akustik yang dapat diaktifkan oleh sinyal dari kapal survei, yang memungkinkan float naik ke permukaan. Di sisi kanan gambar adalah deretan meter arus yang ditetapkan pada kedalaman yang berbeda dan memanfaatkan pelampung permukaan untuk membantu pemulihan meter. Data direkam secara otomatis pada pita magnetik dan meter dapat dibiarkan terendam hingga 12 bulan.

Gambar 5.10 Teknik untuk mengukur kecepatan dan arah arus
5.2.4.Produk Jadi
Selain data dan cara pengumpulannya, fase produksi grafik hidrografi identik dengan peta topografi, yaitu:
i) kumpulan sounding dll, oleh kapal survei;
ii) pengumpulan informasi ini di pusat operasi hidrografi kapal survei, dimana data diperiksa untuk akurasi;
iii) merencanakan suara di lembar lapangan dari area yang disurvei;
iv) pemindahan data lembar lapangan ke salinan kompilasi bagan bahari. (Dalam proses kompilasi, lembar lapangan dan data sumber lainnya dipetakan secara fotografis ke ukuran grafik. Setelah mosaik data sumber ini disiapkan, pembuat peta memilih data yang akan ditampilkan pada tabel.);
v) digitalisasi data grafis, yaitu konversi ke bentuk yang kompatibel dengan komputer untuk gambar otomatis oleh komputer yang dikendalikan plotter. (Plotter menghasilkan kualitas negatif yang tinggi untuk setiap warna yang ditunjukkan pada tabel. Negatif dilewatkan ke unit cetak untuk pelataran dan pencetakan.);
vi) amandemen katalog grafik untuk menunjukkan cakupan area baru atau update area yang sebelumnya dipetakan. (Dalam kasus terakhir, "Pemberitahuan untuk Mariners" didistribusikan.)
Ukuran area yang akan disurvei dan skala grafik yang akan diproduksi dikoordinasikan dengan hati-hati. Survei skala terbesar umumnya adalah untuk bagan pelabuhan yang menunjukkan lebih detail daripada grafik navigasi umum. Survei yang lebih umum dan skala yang lebih kecil digunakan untuk area lepas pantai yang luas dimana bahaya navigasi sedikit saja.
5.3.Perbandingan antara Peta Laut dan Peta Topografi
Secara umu kedua peta ini merupakan peta utama yang mana dari sumber kedua peta dapat digunakan untuk memproduksi peta laiinya dari sumber kedua peta utama ini. Secara umum keduanya sama namun terdapat perbedaan pada beberap hal sebagai berikut :
i) Proyeksi: Peta bahari umumnya menggunakan Mercator, sedangkan peta topografi menggunakan Mercator Transverse;
ii) Symbologi: Berbeda dalam banyak hal;
iii) Sistem koordinat: peta Nautical memiliki kesejajaran garis lintang dan garis merangka bujur, dan terkadang kisi Loran dan / atau Decca. Peta topografi memiliki kesejajaran garis lintang, garis meridian bujur, dan kotak grid (lihat Bagian 4);
iv) Jarak: Dalam Peta laut, yang umumnya menggunakan proyeksi Mercator, satu menit garis lintang selalu setara dengan satu mil laut (1852 meter atau 6080 kaki). Dalam peta topografi, berbagai proyeksi lainnya digunakan sehingga tidak ada persamaan konstan (lihat Bagian 3);
v) Bearing: Peta Nautical memiliki dua atau tiga mawar kompas (Gambar 5.13) berbeda dengan diagram deklinasi dari tiga utara pada peta topografi (Gambar 5.14). Ini menggambarkan pentingnya kompas yang lebih besar di lingkungan laut;
vi) Terminologi: Variasi, perbedaan sudut antara utara benar dan utara magnet pada grafik hidrografi, disebut deklinasi pada peta topografi;

Gambar 5.11 Diagram deklinasi
vii) Garis pantai: Garis pantai secara alami sangat penting untuk pemetaan laut. Kompilasi mereka untuk peta skala kecil relatif sederhana karena biasanya memerlukan penyederhanaan yang sangat banyak sehingga detailnya sedikit konsekuensi. Saat menyusun peta skala menengah dan besar, kesulitan utama yang dihadapi kartografer dan hidrografer adalah sebagai berikut:
a) Datum: Peta hidrografi menggunakan datum referensi air rendah (lihat Bagian 4.4), sedangkan peta topografi menggunakan Mean Sea Level. Akibatnya, bentuk pantai akan berbeda, terutama di daerah dengan amplitudo pasang surut yang tinggi;
b) Mewarnai: Ada sejumlah ketidakkonsistenan saat memanfaatkan grafik dan peta, misalnya, rawa, yang pastinya tidak dapat dilayari, cenderung berwarna seperti tanah pada grafik, sedangkan rawa dataran rendah pada peta topografi cenderung berwarna biru seperti air;
c) Perubahan geomorfologi: Di ​​beberapa wilayah di dunia, bentuk pantai berubah dengan cepat karena erosi atau pengendapan (lihat Bagian 13.6.12). Perubahan ini dapat dipantau dengan perbandingan foto udara dan citra satelit historis dan terkini;
d) Skala: Dalam beberapa proyeksi konvensional, skala ini sangat bervariasi tergantung pada peta, terutama di garis lintang yang lebih tinggi, memberikan area penekanan pantai tertentu yang tidak semestinya.


DAFTAR PUSTAKA
Butber, M. J. A. 1987. Marine Resource Mapping an Introduction Manual. Fisherien Technical Paper. FAO.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar